BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam dunia nyata pada umumnya, kita sering menggunakan surat untuk
mengabarkan suatu berita. Namun kekurangan media surat adalah lamanya waktu
yang dibutuhkan dari pengirim ke penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan
menggunakan media telepon.Namun sayangnya jika menggunakan telepon untuk jarak
penelepon dan penerima telepon yang cukup jauh, biasanya memerlukan biaya yang
tidak murah, karena menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung
Internasional). Oleh karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu
mengatasi kendala waktu, jarak dan biaya ini.
Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan email
(electronic mail). Email merupakan suatu solusi yang cukup murah, dapat diakses
dari mana saja, dan jarang mengalami keterlambatan pengiriman, karena secara
umum (jika tidak ada masalah) biasanya email dapat dikirimkan paling lama dalam
waktu 5 menit saja. Namun bukan berarti dengan menggunakan email tidak akan ada
masalah yang terjadi. Ada pula kekurangan dan kelebihannya,nanti akan kita
bahas.
B.Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah
1. Apa yang dimakasud dengan e-mail?
2. Apa saja fungsi e-mail?
3. Bagaimana cara membuat e-mail?
4. Apa saja fungsi attachemen file dalam e-mail?
5. Bagaimanacara sign up di situs jejaring sosial?
C.Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah
1. Untuk mengetahui apa e-mail.
2. Untuk mengetahui fungsi e-mail.
3. Untuk mengetahui cara membuat e-mail.
4. Untuk mengetahui fungsi attachemen file dalam e-mail.
5. Untuk mengetahui cara sign up di situs jejaring social.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian E-Mail
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia
nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana
elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email
seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi
atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik)
dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan
internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di
internet. Contoh penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com,http://www.mail.google.com, dll.
B. Fungsi e-mail
1. Media
komunikasi
E-mail atau
surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal
atau umum (komunitas).
2. Media
pengiriman
Dengan
e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya
pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan
alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan
data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif,
efisien, dan murah
Melakukan
pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya,
anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto
atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda,
pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media
promosi
Jika anda
bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan
promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail
pelanggan yang ada.
5. Media
informasi
Melalui
e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia
yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda
tentukan.
6. Membuat
blog atau website
Dengan
e-mail anda bisa membuat blog dan website.
7. Sosial
media
Dengan
e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik
menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook,
twitter, atau google.
C. Cara Membuat E-Mail
Langsung saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail,
silahkan ikuti langkah-langkah simple berikut...
· Klik Create An Account di bawah untuk login
·
Anda akan masuk ke halaman
pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
1. Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
2. Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama
email harus belum digunakan orang lain).
3. Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
4. Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
5. Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
6. Gender : Pilih jenis kelamin anda.
7. Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
8. Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika
ada). Bisa anda kosongi.
9. Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
10. Centang dua
persyaratan dari google tersebut...
11. Klik tombol
langkah berikutnya
·
Setelah anda mengisi formulir
pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan..
·
Anda akan diberi kode
verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda
isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang
tersedia.Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
·
Anda akan dibawa ke halaman
Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah
punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil".
Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya
·
jika semua langkah
diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google.
Klik Lanjutkan ke Gmail.
·
Anda akan langsung dibawa ke
halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
·
sampai
disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang
sudah disediakan oleh produk google gmail.
D. Fungsi Attachment File
Dalam E-Mail
1. Pengertian attachement
Attachemen adalah fasilitas yang disediakan pada suatu website atau
email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan
dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload ke internet.
Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita
kalau misalnya mau bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, karena
yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, maka
orang lain sudah dapat mendownloadnya dari tempat lain.
2. Fungsi attachment
Attachment adalah perintah mengirim file melalui
email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin mengikutkan lampiran surat
yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi lebih lengkap tetapi tidak
terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita
lampirkan juga, misalnya: document word ataupun power point.
Singkatnya,
fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu untukmengirimkan suatu file
(baik berupa video,gambar,animasi dll)
melalui
email kealamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah
perintah-perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan
cara melakukan Attachment File ialah :
- klik
compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik
attachment file
- Klik
Browse
- Pilih file
yang diinginkan
- Klik
Attach File
- Pilih Done
- Klik Send
·
Cara Mengirimkan File, Gambar, Dsb Dengan Menggunakan Fitur
"Attachment" Di Email.
1. masuk ke url/alamat
email yang dimiliki. contoh gmail, http://www.mail.google.com. maka akan
tampil gambar login email seperti di bawah.
Kemudian
Masukkan alamat Email dan Password,sperti gambar di bawah ini
2. Jika
Pengisian Email dan Pasword kamu sudah benar, selanjutnya Klik MASUK, maka akan
tampil halaman dalam Email kamu seperti gambar di bawah ini :
·
Melampirkan File Data (Attachment)
3. klik
“compose atau tulis” karena akan mengirim email , setelah itu akan muncul kotak
dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan, langkah
berikutnya melampirkan file (attachment file) yang akan dikirim . dengan
cara klik "attach files" bertanda lingkaran (lihat gambar) :
4. Jika
sudah diklik lingkaran di atas, maka akan tampil kotak Dialog untuk mencari
FILE yang akan dilampirkan untuk di masukkan sebagai lampiran Email. Seperti
gambar di bawah ini.
·
Setelah file data ketemu, Klik OPEN. dan tunggu sampai uploading file
benar-benar selesai. Setelah itu pilih “SEND”,
E. Cara Sign Up Di Jejaring Sosial
Ø Cara sign up di twitter
Pertama tama
yang harus anda persiapkan adalah email, nantinya email ini sudah
pasti digunakan untuk mengkonfirmasi akun twitter anda.
·
Pertama tama yang harus anda
lakukan dalam membuat twitter adalah membuka halaman situs berikut https://twitter.com/
·
Signup setelah itu anda isi
Nama email Dan Password sesuai dengan data diri anda. Jika sudah diisi kemudian
klik “Sign Up For Twitter” untuk membuat akun twtter anda
Kemudian Akan
Tampil Seperti Tampilan DiBawah Ini Dimana Anda Harus Melengkapi Data Diri
Anda.
·
Tanda Kotak
Merah Adalah jika username kamu sudah tidak bisa, maka suggestion yg
diberikan oleh twitter bisa dijadikan alternatif untuk username anda.
·
Setelah Itu Anda Akan
DiHadapkan Seperti Tampilan Dibawah Ini Dimana Kita Harus Melewati Step 1
of 6 Sampai dengan Step ke 6.
Klik Let’s Go
·
Kemudian Ceklist Semua
Kategori Seperti Gambar Di Atas Lalu Klik Continue
·
Kemudian Klik Follow 40
& Continue Seperti Yang DiSarankan Twitter
Kemudian
Klik Skip this step for now Jika Anda Ingin Melewati Langkah Ini,
Namun Jika Tidak, Ini Adalah Langkah Untuk Mengupload Foto Anda.
Keterangan Gambar Diatas
1.
Untuk Mengambil Foto Anda Dari
Kamera
2.
Untuk
Mengambil Foto Anda Melalui Upload Dari PC/Laptop/Tablet/HP Anda.
3.
Skip this
step for now Adalah Pilihan Untuk Melewati Langkah Ini Artinya Kita Bisa
Upload Foto Kita Setelah Proses Daftar Selesai Semua.
Kemudian Langkah ke 5 Klik Saja Skip
this step Pada Kiri Bawah Seperti Gambar Di Bawah Ini :
·
Kemudian Akan Muncul Seperti
Tampilan Di Bawah Ini
Pada Langkah
Terakhir Adalah Login Ke Email Anda Untuk Mengkonfirmasi Akun Twitter Yang
Telah Kita Buat, Pada Tutorial Ini Indonews Menggunakan Gmail.Com
Jika Berhasil Makan Akan Muncul Tampilan Seperti
Gambar Dibawah Ini :
Resmi sudah
akun twitter anda dibuat, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah
mengisi profil pada akun twitter anda yang berguna nantinya mempermudah orang
dalam berkomunikasi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia
nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana
elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email
seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi
atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik)
dalam waktu yang sangat singkat.
Jadi,untuk mengirim dokumen di attachemen file di e-mail tentunya kita
harus memiliki account e-mail dan untuk sign up si jejaring socialpun kuncinya
dengan memiliki account e-mail sehingga akan mudah dalam berkomunikasi atau
berkirim dokumen atau file-file.
B. Saran
Dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kesalahan untuk itu penulis
mohon maaf atas kekurangannya penulis berharap kritik dan saran yang membangun
demi memperbaiki makalah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar